Area Terfavorit Rekreasi di Sumatra Barat

Sumatera Barat merupakan salah 1 provinsi di Indonesia dimana terletak di pulau Sumatera dg Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dg namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah serta segenap pulau di lepas pantainya misalnya Kepulauan Mentawai. Untuk utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 49. 297, 30 km² indonesia berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat berpenduduk sebanyak four. 846. 909 jiwa dengan mayoritas beretnis Minangkabau yang seluruhnya beragama Islam. Provinsi ini terdiri dari twelve kabupaten dan 7 kota dengan pembagian kawasan administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari. berikut ini beberapa pilihan tentang wisata terfavorit pada sumatra barat

Tirta Alami

Area pemadian alam yang satu ini sudah terkenal semenjak dulu. Bahkan kata kedua orang tua saya, objek wisata Tirta Alami suah ada sebelum saya lahir. Hmm.. sudah cukup lama juga ya. Objek wisata Tirta Alami ini berposisi di Kandang Ampek, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman. Kawasan ini juga lebih dikenal dengan Anai Resort. Lokasinya terletak di dalam jalur lalu lintas Padang-Bukittinggi.
Kolam pemandian di Tirta Alami ini serasi dengan bernama, ‘Alami’. Kolam-kolamnya juga terbuat oleh batu alam, sementara itu airnya berasal dalam mata air di Gunung Tandikek. Seger, dingin, kemudian yang jelas airnya bersih karena selalu mengalir.

Belakangan pengelola Anai Resort dan menambahkan sejumlah fasilitas disini seperti Flying Fox, ALL TERRAIN VEHICLE Road dan beberapa industry lainnya. Untuk biaya mandi di kolam cuma dikenakan biaya Rp 10. 000/orang. Murah kan?
Puncak Anai (Pemandian dan Camping Ground)

Tena dalam kawasan Anai Destination, ada juga tempat pemandian yang belum lama ini dibangun, namanya adalah Puncak Anai. Disini juga banyak kolam pemandian dengan air alami dengan tiga grupp yaitu anak-anak, remaja serta dewasa
.

Selain pemandian disini pun tersedia Camping Ground buat dimana mau menjalankan aktivitas camping out. Biaya masuk ke Puncak Anai tidaklah mahal cuma Rp 10. 000/orang kemudian untuk Camping Ground dikenakan biaya Rp 25. 000/orang.

Lubuak Paraku

Objek Rekreasi pemandian alam yang satu ini berada dalam jalan lintas Padang-Solok tepatnya di kilometer 15. Bilamana Dunsanak dari Padang menuju Solok lokasinya berada persis pada sebuah tikungan sebelum memasuki tanjakan ke Sitinjau Lauik. Lokasinya sendiri berada di dalam, tapi tenang tidak jauh kok. Untuk masuk free, cuma nanti ada dimana jagain parkirnya. Biasanya dikenakan biaya Rp 2 . 000 – Rp 3. 000. Keadaan di Lubuak Paraku sungguh-sungguh alami, air yang mengalir dingin dan segar, ditambah pepohonan yang cukup rindang menambahkan kesan alami pada objek rekreasi yang satu ini
. Sayangnya seandainya mau mandi disini campur, mulai dari anak-anak sampai yang dewasa nyebur di satu tempat. Biasanya kalau akhir pekan area ini ramai dikunjungi akibat muda-mudi.

Disini juga ada warung-warung minim yang menyediakan makanan pengganjal lapar seperti mie enigma. Lumayan untuk mengisi perut yang lapar sehabis berenang.

Batang Tabik

Batang Tabik secara administratif berada di Kenagarian Sei Kamuyang Kecamatan Luak Kabupaten 55 Kota, Sumatera Barat.

Keistimewaan Batang Tabik ini adalah airnya yang alami yang berasal dari sumber matorral air, sehingga sangat jernih dan bersih.

Menurut cerita dari generasi ke keturunan mata air Batang Tabik berasal dari sebuah mata air di danau singkarak. Katanya sumber airnya ini sangat besar sehingga dimasukkan batu ke dalamnya agar airnya tak meluap.

In salah satu kolam in Batang Tabik ini ialah di Kolam Ibu, terdapat ikan larangan. Jadi kalau kita berenang disana jadi berasa seperti sedang kayaking di laut.

Lubuak Mato Kuciang

Objek wisata pemandian Lubuak Mato Kuciang di Kota Padang Panjang ini sudah terkondang sejak dulunya. Namun kini poplaritas mulai meredup. Malahan sejak dibangunnya Mifan Waterpark.

Lokasi Lubuak Mato Kuciang tepatnya berada di Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang. Airnya berasal dari air pegunungan yang bersih, sejuk dan jernih layaknya mata kucing (mato kuciang).vPemandian Lubuak Bonta telah terkenal di Sumbar sejak era 1970-an. Tempat indonesia dahulunya sangat ramai didatangi wisatawan ketika tradisi balimau menjelang masuknya Bulan Ramadhan.

Lokasinya berposisi di Korong Tarok Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Di area di sini. ada dua kolam pemandian alami yaitu di sebelah atas dan bagian dasar laut. Air Lubuak Bonta terkait masih sangat alami dan bersih. Selain itu di kolamnya juga terdapat ikan-ikan yang berenang bebas.

Pemandian Alam Sako Tapan

Pemandian Alam Sako Tapan ialah sebuah lokasi objek liburan yang terkenal alami selanjutnya selalu dikunjungi oleh rakyat Tapan dan sekitarnya terutama pada akhir pekan kemudian hari libur. Objek liburan ini menjadi tempat melepas lelah dan menghilangkan kesuntukan bagi masyarakat Tapan serta luar Tapan seperti dari Kab. Mukomuko Prov. Bengkulu dan daerah lain di Kab. Pesisir Selatan.

Pemandian Alam Sako Tapan berokasi di Kampung Muaro Sako Kenagarian Sungai Gambir Sako Tapan dengan jara ± 20 Km dari Atravesar Tapan Ke arah Sungai Penuh / Kerinci (kearah timur).

Disini pengunjung mampu melepas lelah sembari menikmati pemandangan dan menghirup udara pegunungan yang menyegarkan. Ditemani suara kicau burung lalu gemercik air yang merdu pengunjung dapat mandi secara gratis di sungai yang masih alami dengan batu-batu besar dan air yang jernih bebas dari polisi dan sampah.

Air Nyarai

Objek wisata Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.
Foto Air Terjun Nyarai | Foto: Ritno Kurniawan

Objek wisata Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Air Terjun yang dulunya tersembunyi di Hutan Gamaran ini kini memerankan salah satu primadona liburan di Sumatera Barat. Justru nama Gamaran sudah tersohor hingga ke skala nasional.

Dikelola oleh Pemuda Setempat, wisata Air Terjun Nyarai tidak hanya menghadirkan keindahan Air Terjunnya saja. Lokasinya yang berada di pedalaman hutan, membuat kita harus mencapainya dengan berjalan kaki menerobos hutan Gamaran.

Sepanjang perjalanan Kamu jadi disuguhkan oleh bermacam pemandangan alam dimana tengah asri lalu sungguh-sungguh sayang untuk dilewatkan. Selain itu ada beberapa lubuak (kolam alami) dimana akan dilewati seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun kemudian Lubuak Batu Taduang.

Tapian pati

Tempat wisata pemandian Tapian Puti ini merupakan pemandian alam dimana airnya mengalir tadinya kolam-kolam batu yang bertingkat. Dari satu kolam ke kolam lain terbentuk weather terjun kecil.

Untuk menuju ke Tapian Puti aksesnya melalui nagari sikabu kecamatan Lubuk Alung tepatnya di dalam korong Sikabu Bukik. Jaraknya sekitar 40 km melalui kota padang.

Lokasinya boleh dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi (mobil/motor) melalui pintu masuk di korong Sikabu Bukik (Nagari Sikabu) melewati jalan aspal sekitar 1, 6 km sampai lahan kosong diatas bukit kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak lalu beberapa anak tangga menuju ke lokasi.

Air Panas Bukik Kili

Objek rekreasi air panas Bukik Kili ini berada di dalam Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jaraknya dari Kota Padang sekitar 54 kilometer.

Untuk menuju kesini, kita dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun dengan kendaraan roda empat. Dan paling disarankan menggunakan mobil dimana bisa dirental di Kota Padang.

Objek wisata pemandian air panas Bukik Kili ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Karena selain mandi dan berenang, wisatawan pada umumnya datang dengan tujuan mendapatkan manfaat dari air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.